Jumat, 17 April 2009

UANGMU SEBANYAK TULISANMU

bingung apa maksudnya??? maksudnya sederhana kok, buatlah catatan dan perencanaan anggaran keuangan setiap bulan.
ini adalah langkah awal yang sangat penting. kayaknya ngebosenin yach?? bukan kayaknya, tapi memang bener2 ngebosenin. meski kelihatannya sepele dan ngebosenin, tetapi ini adalah hal yang penting banget. beberapa orang bertanya-tanya, "emangnya apa hubungan antara bikin anggaran dengan jadi kaya?" begini ceritanya......

AWAS BOCOR HALUS.
kita sering tidak sadar dalam mengeluarkan uang. apalagi kalau pengeluaran itu jumlahnya kecil, misalkan untuk parkir, jajan, ngemil, dll. padalah kalau di jumlahkan, semua pengeluaran itu nilainya bisa menjadi besar. inilah yang saya sebut "bocor halus". kalau kita punya motor kita masih bisa jalankan?? tapi lama kelamaan tanpa kita sadari, tiba2 angin dalam roda motor kita sudah habis tak bersisa. tipe pengeluaran "bocor halus" ini sangat berbahaya karena akan "menggembosi" keuangan kita secara pelan-pelan tapi pasti.

nah langkah pencegahannya adalah membuat CATATAN PENGELUARAN. dengan membuat catatan pengeluaran setiap hari, kita akan tau semua arus pengeluaran uang kita. kita jadi tau untuk apa sich uang kita dan seberapa besar kita memakainya. saya sendiri sudah mempraktekkan cara ini bersama pacar saya.

dengan berdisiplin mencatat pengeluaran kita, kita sudah 1 langkah lebih dekat menuju kekayaan. biasanya orang-orang yang keadaan keuangannya kurang baik (punya banyak utang, duitnya abis terus nggak ada yang ditabung) adalah ORANG-ORANG YANG MALAS MENCATAT, terutama cowok. well, para cowok, akuin aja kalo kita adalah makhluk yang malas mencatat, buktinya pas sekolah dulu, kita suka minjem catatan dari anak cewek yang rajin kan??....tapi sekarang mau nggak mau kita harus berubah! percaya atau tidak, mencatat pengeluaran adalah hal penting yang harus kamu lakukan kalau ingin menjadi kaya dengan lebih cepat. itu sebabnya judul bab ini adalah "uangmu sebanyak tulisanmu" kalo kamu malas mencatat, aku jamin sebanyak apapun uangmu pasti akan bocor juga.

Tidak ada komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Dresses. Powered by Blogger